Agar Hidup Lebih Rileks

TERKADANG, karena terlalu banyak pressure membuat hidup jadi tidak nyaman. Penuh ketegangan, stres dan depresi. Stop, jangan biarkan kondisi seperti itu berlarut-larut. Lakukan sesuatu agar hidup kembali smooth dan menggairahkan.

Valerie Wells, penulis buku Naturally Powerfull: 2000 Simple Action to Energize Body, Mind, Heart and Spirit menyodorkan sejumlah kiat untuk menyegarkan jiwa dan raga. Yang paling simpel, mungkin bisa spontan Anda praktikkan.

Cuci mata dengan warna-warna sejuk. Menurut Wells, warna biru dan hijau adalah warna sejuk. Warna ini sangat bagus dipandangi saat suasana hati sedang tidak karuan, karena warna ini bisa menghadirkan ketenangan.

Hentakkan kaki. Dengan menghentakkan kaki ke tanah beberapa kali, Anda dapat melepaskan ketegangan. Konon, cara ini setingkat lebih baik dibanding menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya seketika.

Memijat daun telinga. Dengan memijat-mijat telinga sendiri sama halnya dengan memijat seluruh bagian tubuh. Diungkapkan, di daun telinga terdapat ratusan titik refleks yang paling berhubungan dengan perasaan, termasuk stres. Dengan memijit-mijit daun telinga, organ tubuh yang lain menjadi rileks.

Istirahat di alam terbuka. Keluarlah ke halaman, pandangi rembulan atau lihat sunset, memandangi kuncup-kuncup bunga mawar atau air hujan. Semua ritual ini mampu menenangkan jiwa. Coba saja!